Jumat, 23 April 2010

Memoar JRX Saat Menjadi Opening NOFX Di Bali

Setelah 12 tahun sejak pertama kali kita mengenal dan mencintai NOFX, Superman Is Dead akhirnya bisa sepanggung dengan mereka di Bali. Malam jahanam. Senin, 23 April 2007 di Hard Rock Cafe, Kuta Beach. Kita baru aja sampai Bali setelah main kemarin malamnya di Dago Tea House Bandung. Dari bandara langsung ke venue, melakukan soundcheck, balik pulang mandi bentar dan langsung ke venue lagi untuk bersiap-siap menghadapi malam yang mungkin akan menjadi malam yang paling dikenang oleh scene punk rock di Bali.
Acara yang benar-benar minus promosi ini jelas jelas berhasil. Indikasinya signifikan karena dari pukul 10 venue sudah penuh sesak oleh remaja dengan dandanan rock show andalan mereka; hitam t-shirt, dompet rantai, tattoos dan sedikit aura nakal alkohol. Walau Beberapa jam sebelumnya lagi-lagi ada berita kalau NOFX kemungkinan ga jadi tampil, tapi Ampli Mesa Boogie dangan logo NOFX yang berdiri tangguh di stage Hard Rock sudah cukup untuk meyakinkan kerumunan untuk tetap tinggal dan menyiapkan diri sesiap-siapnya. Ternyata keramaian-yang menurut orang Hard Rock lebih ramai daripada malam tahun baru-ini disebabkan karena hanya di Bali kamu bisa nonton NOFX tanpa tiket. Yup, kamu cuma kena biaya minuman pertama 60 ribu rupiah, maka anda bisa masuk. Mengapa? cos NOFX bermain di Bali tanpa bayaran yang tinggi, mereka cuma minta sebagian dari hasil penjualan tiket. Gila. Menurut sumber terpercaya, NOFX yang meminta main di Hard Rock coz jadwal yang seharusnya mereka main di GWK Bali batal, ditambah beberapa dari mereka emang pengin surfing di Bali. Bahkan NOFX guitarist Eric Melvin sudah pesan papan surfing ke Rizal Tanjung sebulan sebelum mereka ke Indo [dan ya, Rizal dan Eric adalah teman baik].
Jadi untuk gig di Bali mereka cuma minta Akomodasi, transportasi dan tentu saja, berton-ton alkohol dan substansi lain.
Acara dimulai jam 11:30 dan Hongkong hardcore's King Lychee mulai menggila diatas panggung dengan kerusuhan mohawked-grrrl frontwomen-nya. 1500 penonton tetap kool tapi menikmati dikala rahang mereka memecahkan ol'skool single. Mereka memainkan 6 lagu dan saya menyadari bahwa salah satu gitaris mereka bule. Pantesan yang dari tadi ngomong dalam bahasa Inggris cuma dia. Anyway, great stuff, guys.
Setelah King Lychee's, kru SID menyiapkan peralatan, kami di belakang panggung dan berbicara dengan orang-orang dari King Lychee. NOFX Tiba-tiba muncul, mereka semua tampak seperti segerombolan pria yang baik, turun ke bumi dan nyantai banget, well ... mungkin kecuali Fat Mike yang juga ramah tapi agak aneh. Tidak perlu dibantah lagi bahwa dia adalah kepala dari band. Kami tidak meminta foto atau sesuatu yang seperti itu coz kita tahu mereka telah diminta melakukan itu sejak hari pertama mereka di Indo.
12:30. Tiba saat giliran SID main, hell yeah, dengan bangga di hati kami dan malaikat di pundak, kita melakukan apa yang paling bisa kami lakukan. Kita pikir sebelumnya-skenario terburuk-kita akan disuruh turun setelah 3 lagu atau sesuatu, tipikal nasib pembuka band internasional. Tapi hei, itu tidak terjadi sama sekali jadi kami terus pergi terus dan terus dan terus. Terima kasih, karena telah begitu mendukung. Dan wow, kami melihat Fat Mike di antara kerumunan di 3 lagu kami yang terakhir. Ada mosh pit dan pogo saat kami bermain tapi kita tahu kalau sebenarnya orang-orang menghemat energi untuk NOFX yang akan salto setelah SID. Yap siapa yang mau kehabisan tenaga pas NOFX manggung nanti? Haha. Kami bermain 8 lagu, pergi ke belakang panggung [Fat Mike berjabat tangan setelah dia berkata "Good job, guys ..."] dan setelahnya langsung bersiap-siap kedepan panggung untuk dihajar NOFX.
01:30. Setelah sekitar 15 menit kru NOFX melakukan soundcheck plus sedikit marah-marah cos dari beberapa probs teknis, NOFX akhirnya di panggung dan kita tidak ingat apa apa lagi. Suara mengagumkan. The mosh dan pogo itu ultra-gila! Tidak hanya anak laki-laki, gadis-gadis juga suka untuk bahan bakar punkrock api. Lagu dari hampir semua album mereka, dimainkan dengan SOUL yang menyentuh dan kecakapan memainkan pertunjukan yang bagus-apa yang tidak Anda dapatkan dari musisi hari ini. Dari kecepatan reggae untuk ska untuk latin-terompet berbahan bakar-kerusuhan. Semua terdengar sempurna diselingi lelucon-lelucon sinis khas NOFX. Tempat serasa runtuh diserbu bison yang bergembira karena musim panas telah tiba. Selama hampir 2,5 jam NOFX menunjukkan kita gimana mestinya sebuah band punkrock bermain dan menghibur penonton. Mengundang seorang penonton keatas panggung untuk menunjukkan tato Bad Religion-nya [coz mereka pikir band punk no.1 di dunia adalah Bad Religion], mengejek agama, mendukung minum di depan umum tapi too bad mereka tidak mengatakan apa-apa tentang Good Charlotte seperti saat mereka berada di Jakarta. Singkat kata, they're awesome, serius live band besar yang berkharisma. Sangat menghibur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar